Friday, November 14, 2008

WHAT do I REALLY WANT, actually?


Setelah lulus kuliah, ternyata ada real world yang harus kita hadapi. Dunia nyata yang ternyata tak seindah masa-masa kuliah. Apalagi buat anak rantau kayak gw. Di tengah ketiadaan status (bukan mahasiswa, dan tidak bekerja) gw harus tetep dikrimin duit ama orang tua. Gw ngerasa jadi beban buat orang tua gw. Udah lulus, bukannya nyari duit sendiri, malah teteeep aja ngerepotin mereka. Belum lagi duit kos-kosan gw yang masih harus mereka kirimin. Ini ngebuat gw didera rasa bersalah dan pengen cepet dapat kerja. Tapi boro-boro kerja, (kala itu) yg manggil aja ga ada. Kmana-mana hp dibawa. Berharap ada 021-….muncul di layar. Tapi toh panggilang tak kunjung datang.

Waktu berlalu, dan ‘masa-masa ga ada yg manggil’ pun ikut berlalu. Mulai masuk ke tahap ‘adanya beberapa panggilan untuk tes’. Awalnya sih, gw masih bersemangat untuk tes. Apalagi jika bisa lolos dari 1 tahap ke tahap berikutnya, buat gw itu suatu hal yang bisa ngebuat gw bangga ama diri gw sendiri. Tapi untuk terus menerus lolos dan lolos lagi, itu juga butuh perjuangan. Butuh usaha, butuh semangat, dan butuh untuk menetapkan prioritas.

Terkadang juga, apa yg terjadi tidak sesuai dengan apa yg kita harapkan dari perusahaan tersebut. Pernah suatu kali gw interview di sebuah perusahaan media. Awalnya gw melamar untuk posisi Account Executive (AE), tp kemudian dipanggil untuk posisi promosi. Gw sedikit kecewa, karena gw lebih pengen jadi AE ketimbang staf promosi. Tapi ya udah, gw tetep dateng dan ngejalanin interview selama 1,5 jam oleh 5 orang pewawancara sekaligus. Atau kejadian, dimana gw ditawarin untuk bekerja secara kontrak untuk sebuah proyek sementara dengan posisi yang jauh dari background pendidikan gw. Atau beberapa kejadian lainnya yang mungkin pernah juga dialami oleh teman-teman sesama ‘penganggur’ (heheh).

Setelah beberapa kali tes dan beberapa kali wawancara di beberapa perusahaan yang berbeda, gw akhirnya sampai pada pertanyaan, “what do I really want?”. Apa sih yang sebenernya gw mau? Apa gw mau gaji tinggi, apa gw mau kerjaan yang sesuai dengan minat, apakah jam kerja yang tepat waktu? Atau apa? Mungkin bisa aja gw jawab, “mau gaji gede, sesuai minat, dan jam kerja tepat waktu.” But the real world is not that easy! Kita ga bisa ngedepatin semuanya itu semudah kita mengucapkannya. Gw harus punya skala prioritas mengenai apa yg gw inginkan, harus berani mengambil keputusan, dan bertanggung jawab untuk hal yg udah gw putuskan. Mungkin inilah yang disebut dengan pendewasaan diri. Dimana gw bener2 harus memutuskan apa yang terbaik buat diri gw. final decision is on my hand. Pendapat orang2 hanya bisa jadi masukan, tapi keputusan akhir tetap ada di gw. Kadang jg gw pusing dengan pendapat orang2 di sekitar gw. Pendapat2 yg bikin gw ngerasa semakin terombang-ambing. Pendapat-pendapat yang biking gw mikir dan mikir lagi. It makes me more complicated. Misalnya aja kyk omongan, “dulu katanya pengen disitu, sekrang ga, gimana sih?”. Sebenernya sih, gw juga sedang menggali terus apa yg sebenernya gw mau. Waktu di awal gw ngelamar, ya gw lamar2 aja apa yg kualifikasinya sesuai tanpa terlalu memikirikan pekerjaannya. Namanya juga pengangguran, apa juga dilamar (Hahaha!). Tapi semakin ke sini, gw makin menyadari apa yang gw cari, walaupun belum tergambar secara jelas. Itulah perasaan yang saat ini sedang gw alamin. Yaaahhh, yang gw lakuin sekarang adalah berserah. Karna gw ga tau apa yang terbaik buat diri gw. Only God knows exactly what’s the best for my life.. And I surrender all…

1 comment:

  1. semangat yes..aku juga dulu 2 bulan nganggur.. stress banget rasanya.. Apalagi kalo tau temen2 seangkatan pada dah kerja..
    Tapi semuanya itu indah pada waktu NYA kok Yes.. Tetep doa dan usaha, pasti DIA tunjukin jalan keluar. Anggap aja sekarang lagi liburan, tar kalo dah kerja dah susah, apalagi di tahun pertama blm dapet cuti.. hahaha...

    GBU :)

    ReplyDelete